Sabtu, 14 November 2015




Tadulako Open Drum and Marching Band Se-Sulawesi Tengah




PALU, 07 November bertempat dilapangan Vatulemo Walikota - pelaksanaan lomba Tadulako Open Drum Band and Marching Band Se-Selawesi Tengah berjalan dengan sukses, baik pada lomba Display maupun Street Parade. Kegiatan ini merupakan ivent besar yang telah dilaksanakan selama 3 tahun berturut-turut dan diadakan oleh sebuah lembaga yang ada di Universitas Tadulako yaitu Marching Band Tadulako.
 Kegiatan ini dibuat dalam rangka untuk memperingati hari ulang tahun Marcing Band Tadulako yang ke-5 (10/11). Lomba ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor 3 Universitas Tadulako dan Walikota Palu. Sponsor utama dalam kegiatan lomba ini yaitu oleh pihak Honda selain itu ada juga beberapa perusahaan yang ikut serta menjadi sponsor dalam kegiatan lomba ini yaitu dari RM.Borobudur, SKIPFM, Mall Tatura Palu, Radar TV dan lain masi banyak lagi.
 Perlombahan dilaksanakan dua hari berturut-turut pada tanggal 6 dan 7 November 2014. Tanggal 6 merupakan lomba display sedangkan tanggal 7 merupakan lomba street parade. tentunya akan sangat menarik jika disaksikan. Hampir seluruh masyarakat yang ada diKota Palu sangat antusias dan ikut serta menyaksikan lomba yang dibuat oleh Marching Band Tadulako.
Tempat pelaksanaan lomba tersebut berada pada dua tempat yaitu dilapangan depan Auditorium UNTAD pada lomba display dan dilapangan Vatulemo Walikota Palu pada lomba street parade, rutenya melintasi sepanjang jalan yang ada disekitaran walikota yang mencakup Vetran, Juanda ,G.Sidole dan  Kartini.
Lomba ini diikuti oleh 15 peserta group Drum Band dan Marching Band dari masing-masing sekolah yang ada diSulawesi Tengah , adapun sekolah yang mengikuti lomba tersebut berasal dari berbagai daerah yaitu Kota Palu, Sigi, Poso dan Ampana. “Para peserta sangat bersemangat dalam mengikuti lomba ini , setiap peserta menunjukkan performa mereka masing-masing agar dapat meraih juara. Banyak atraksi yang menarik mereka tunjukkan,” ujar Zulfikar selaku Ketua Panitia. Ada 3 dewan Juri pada pelaksanaan lomba tersebut yaitu satu juri Nasional dan dua juri Lokal. Tidak hanya atraksi yang yang menarik tetapi permainan musik yang padu dan barisan yang teratur rapi menjadi penilaian bagi para juri.
Cara yang dilakukan oleh panitia untuk mengantisipasi terjadinya kekacauan pada saat lomba khususnya pada parade street ialah dengan cara menunjuk beberapa panitia untuk bertugas mendampingi masing-masing 15 peserta agar lomba bisa berjalan dengan lancar dan demi keselamatan tiap-tiap peserta karena rute yang digunakan merupakan akses yang sering kali dilewati oleh para pengendara bermotor maupun mobil  , “kita telah menyiapkan beberapa panitia untuk turun langsung mendampingi peserta pada saat parade street karena mengingat rute yang kita gunakan merupakan jalan utama yang ada dalam kota dan banyak kendaraan yang melewatinya maka kita telah menyusun strategi ini, selain itu kita juga telah bekerja sama langsung dengan pihak Kepolisian  dalam hal ini Satlantas Palu  agar bisa mengatur dan mengamankan jalan pada saat lomba berlangsung, “ ujar Zulfikar, selaku ketua panitia (07/11).
Marching Band Klaritas yang berasal dari SMA Katolik Palu berhasil menjadi juara umum dalam perlombaan ini dengan bebepara kategori yang telah mereka raih. Hal ini membuat pemenang  tahun lalu yaitu marching band Ampana tergeser posisinya menjadi juara 2 , dan juara 3 diraih oleh Drum Band yang berasal dari SMA Negeri 1 Palu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar